09/05/14

Surat Terbuka untuk Saudara Anies Baswedan

Foto: gppgling.

Yth. Sdr. Anies Baswedan.

Saya tak kenal anda secara pribadi, tapi cukup dari perjalanan baik di dunia nyata maupun maya. Dan saya kenal cukup baik satu orang yang saya yakin banyak memberi warna pada kehidupan dan cara berpikir anda. Beliau adalah Pakde Koesnadi Hardjasoemantri, begitu kami para generasi penerus eks Tentara Pelajar memanggil namanya.

Sepanjang anda mengikutsertakan diri dan menyatakan bahwa konvensi dalam menjaring pemimpin untuk Indonesia masa depan melalui Partai Demokrat, saya memang memperhatikan dengan saksama sebagian besar langkah yang anda lakukan.
1.     Pertama, anda selalu menekankan cara berpikir positif. Cara ini jauh lebih berarti dibanding segala bentuk promosi lewat media apapun.
2.     Kedua, anda selalu menekankan pentingnya “membayar janji kemerdekaan”. Sementara itu, tak ada calon lain dari partai atau pihak manapun yang melakukannya. Dari sini, saya menilai anda mundur satu langkah tapi maju seribu langkah ke depan.
3.     Ketiga, anda selalu menekankan pentingnya makna kebersamaan dalam segala perkara menyangkut kepentingan orang banyak. Gotong royong, ihlas dan mandiri itu yang saya tangkap dari pola Gerakan Indonesia Mengajar maupun organisasi relawan Turun Tangan.
4.     Keempat, anda senantiasa mengedepankan orang muda dan para terdidik. Ini modal besar yang tiada banding dengan potensi kekuatan manapun.
5.     Kelima, anda memberi solusi atas permasalahan yang mengemuka dan menjadi sumber-sumber kegelisahan kebanyakan masyarakat Indonesia dengan cara dan bahasa cukup sederhana yang relatif mudah ditangkap artinya oleh segala lapis sosial masyarakat Indonesia.

Dari lima hal di atas, saya percaya anda akan mampu memimpin Indonesia untuk meletakkan kembali dasar-dasar perikehidupan kebangsaan Indonesia sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri Republik Indonesia.

Mungkin, jika anda kelak dipercaya memimpin negeri kita untuk masa 10 tahun ke depan, tidak semua “janji kemerdekaan” dapat dilunasi. Tapi saya sangat yakin kalau anda akan meletakkan fondasi yang sangat kuat untuk memperbaiki 5 hal berikut:
a) Integritas nasional.
b) Mengembalikan cita-cita Republik Indonesia sebagai negara berdasarkan hukum dan keadilan sosial.
c)  Mengendalikan aset-aset nasional dari berbagai sumber.
d)Menempatkan kembali posisi Republik Indonesia dalam kancah pergaulan internasional.
e) Menata kembali organisasi TNI dan Polri.

Jika anda belum dapat memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia pada periode sekarang, selaku tetua para suka relawan Palang Merah Indonesia (PMI), kami berharap anda dapat menerima tawaran untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum PMI Pusat periode 2014 – 2019. Juga menjadi penasihat bagi Himpunan Perajin Anyaman Indonesia (Hipando).

Demikian surat terbuka ini.
Kebumen, 9 Mei 2014

Saya;
   ttd
   Toto Karyanto 

0 komentar:

Google Pagerank
totokaryantowirjosoemarto. Diberdayakan oleh Blogger.