10/12/10

Yang Indie Itu Indah



Indie adalah kata yang sering dipakai untuk menggantikan independent atau merdeka. Jadi merdeka itu indah? Jawaban pastinya ya. Tapi kita mengulas dengan cara dan gaya sendiri dengan mulai membayangkan: kalau dijajah gimana rasanya? Tentu gak enak, serem dll.

Untuk merdeka ada banyak cara. Selalu melewati proses tertentu. Kemerdekaan bangsa Indonesia contohnya. Ada adu kuat (perang), romantisme yang diwakili oleh beragam kisah cinta di antara yang muda; antara yang muda dan tua. Juga antar kelompok masyarakat, suku bangsa, tokoh perjuangan dsb.

Nah..buat ukuran sekarang, cara mewujudkan kemerdekaan pasti beda. Gak perlu pake bedil atau bambu runcing. Juga gak afdol lagi kalau harus teriak: merdeka ! Medan kita adalah aktivitas kreatif, produktif, manfaat n sopan. Mau festival band, peragaan busana, pameran lukisan, motocross, roadrace atau yang lebih kalem seperti lomba baca puisi, festival teater, pencarian bakat dst. Bisa juga penelitian ilmiah, mengembangkan potensi budaya lokal, bikin film atau sovenir. Banyak pilihan dan cara mengekspresikan jiwa merdeka.tanpa berkesan urakan, boros, bikin kisruh dll.

Ekspresi kemerdekaan yang pas tetap menghormati kemedekaan orang lain. Intinya saling menghargai, itulah apresiasi kreatif. Dengan saling menghargai kepada sesama manusia dan lingkungan sekitar, kreativitas justru akan lebih berkembang dari pada yang memakai cara destruktif. Karena hidup kita tak bisa lepas dari lingkungan. Dan inilah ekspresi kemerdekaan yang indah. Gak percaya, buktikan sendiri!  

http://www.facebook.com/group.php?gid=339529441898

0 komentar:

Google Pagerank
totokaryantowirjosoemarto. Diberdayakan oleh Blogger.